Tampubolon, Efendi M. (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGIATKAN PRESTASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR ENGINE OTOMOTIF KELAS X T.A 2015 DI SMK SWASTA SILOAM 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122011 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
3. NIM. 5113122011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 5113122011TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 5113122011 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 5113122011TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 5113122011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM 5113122011 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113122011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
12. NIM 5113122011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
13. NIM 5113122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata diklat Tteknik dasar engine otomotif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta SILOAM 1 Medan sebanyak 20 orang. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 11 siswa (55%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (45%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,75 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 55%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 14 siswa (70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (30%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,25 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 11 siswa disiklus I bertambah sebanyak 3 siswa disiklus II menjadi 14 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 9 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 6 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student facilitator And Explaining dapat meningkatkanhasil prestasi siswa pada mata pelajaran teknik dasar engine otomotif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 016 |
Keywords: | Prestasi Siswa; Model pembelaajaran Student Facilitator And Explaining; Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:35 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5961 |