Pengaruh Student Engagement dan Self Efficacy Siswa Terhadap Basil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 37 Medan.

Pakpahan, Riana N (2024) Pengaruh Student Engagement dan Self Efficacy Siswa Terhadap Basil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111050_Cover.pdf] Text
4201111050_Cover.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4201111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 4201111050_Abstrak.pdf] Text
4201111050_Abstrak.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of 4201111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 4201111050_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111050_Daftar_Isi.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 4201111050_BAB_I.pdf] Text
4201111050_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4201111050_BAB_V.pdf] Text
4201111050_BAB_V.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 4201111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar matematika merupakan pengetahuan atau keterampilan baru yang didapat siswa setelah menyelesaikan pembelajaran matematika, yang dipengarubi banyak faktor diantaranya yaitu student engagement dan self efficacy siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetabui besar kontribusi pengarub student engagement dan self efficacy terhadap perubahan basil belajar matematika siswa kelas Vill SMP Negeri 37 Medan, yang dilakukan pada semester kedua tabun ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, denganjumlah total sampel 84 siswa. Data penelitian d.ikumpulkan dengan menggunakan angket self assessment dan peer assessment untuk variabel student engagement dan self efficacy, sedangkan untuk data variabel basil belajar matematika siswa d.ikumpulkan berdasarkan nilai tes matematika. Penggunaan analisis regresi lioear berganda ditujukan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: student engagement berpengarub signifikan terbadap basil bela jar matematika siswa yang ditunjukkan oleh 1lutun8(2,119) > ttabei(1,993) atau nilai sig. 0,037 < 0,05; self efficacy berpengarub signiflkan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh tbitung(2,063) > ttabei(l,993) atau nilai sig. 0,042 < 0,05; serta student engagement dan self efficacy secara simultan berpengarub positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas VIII, SMP Negeri 37 Medan, yang dibuktikan dengan perolehan nilai Fbituns{13,83) > Ftabe1(3,122) atau perolehan sig. 0,000 < 0,05. koefisien determinasi yang disumbangkan secara simultan sebesar 24,56%, artinya secara simultan besar kontribusi yang diberikan oleh student engagement dan self efficacy untuk memprediksi hasil belajar matematika siswa adalah 24,56% yang direpresentasikan oleh persamaan regresi Y = - 9.257 + 0.092X1 + 0.306X2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: basil belajar matematika, self efficacy, Student engagement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:00
Last Modified: 06 Feb 2025 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59608

Actions (login required)

View Item
View Item