Pakpahan, Riana N (2024) Pengaruh Student Engagement dan Self Efficacy Siswa Terhadap Basil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201111050_Cover.pdf
Download (278kB)
4201111050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (401kB)
4201111050_Abstrak.pdf
Download (784kB)
4201111050_Kata_Pengantar.pdf
Download (680kB)
4201111050_Daftar_Isi.pdf
Download (541kB)
4201111050_BAB_I.pdf
Download (2MB)
4201111050_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
4201111050_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
4201111050_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
4201111050_BAB_V.pdf
Download (608kB)
4201111050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
4201111050_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Hasil belajar matematika merupakan pengetahuan atau keterampilan baru yang didapat siswa setelah menyelesaikan pembelajaran matematika, yang dipengarubi banyak faktor diantaranya yaitu student engagement dan self efficacy siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetabui besar kontribusi pengarub student engagement dan self efficacy terhadap perubahan basil belajar matematika siswa kelas Vill SMP Negeri 37 Medan, yang dilakukan pada semester kedua tabun ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, denganjumlah total sampel 84 siswa. Data penelitian d.ikumpulkan dengan menggunakan angket self assessment dan peer assessment untuk variabel student engagement dan self efficacy, sedangkan untuk data variabel basil belajar matematika siswa d.ikumpulkan berdasarkan nilai tes matematika. Penggunaan analisis regresi lioear berganda ditujukan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: student engagement berpengarub signifikan terbadap basil bela jar matematika siswa yang ditunjukkan oleh 1lutun8(2,119) > ttabei(1,993) atau nilai sig. 0,037 < 0,05; self efficacy berpengarub signiflkan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh tbitung(2,063) > ttabei(l,993) atau nilai sig. 0,042 < 0,05; serta student engagement dan self efficacy secara simultan berpengarub positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas VIII, SMP Negeri 37 Medan, yang dibuktikan dengan perolehan nilai Fbituns{13,83) > Ftabe1(3,122) atau perolehan sig. 0,000 < 0,05. koefisien determinasi yang disumbangkan secara simultan sebesar 24,56%, artinya secara simultan besar kontribusi yang diberikan oleh student engagement dan self efficacy untuk memprediksi hasil belajar matematika siswa adalah 24,56% yang direpresentasikan oleh persamaan regresi Y = - 9.257 + 0.092X1 + 0.306X2
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | basil belajar matematika, self efficacy, Student engagement |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:00 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 04:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59608 |
