PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN

Bangun, Janwar Devanan (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP SWASTA NURCAHAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER TESIS.pdf]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESHAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf]
Preview
Text
12. BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf]
Preview
Text
16. BAB 5.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Nurcahaya Medan. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika ini diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa kelas VII SMP Swasta Nurcahaya Medan, menyatakan media interaktif dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian ini diadaptasi dari model desain penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1981). Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) tahap pertama pembuatan desain software; (2) tahap kedua pengumpulan bahan; (3) tahap ketiga membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif software; (4) tahap keempat review atau uji coba produk; dan (5) tahap kelima uji efektivitas produk. Pengumpulan data evaluasi validasi dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang diberikan kepada subjek uji coba antara lain: 2 orang Ahli Materi Pembelajaran, 2 orang Ahli Desain Instruksional, 2 orang Ahli Media Pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji kelompok kecil, 50 orang siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) produk media interaktif mata pelajaran Matematika ini dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD), (2) uji ahli materi pelajaran Matematika termasuk dalam kategori sangat layak (85.53%), (3) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (93.96%), (4) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (88.99%), (5) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (91.37%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (94.82%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95.30%). Pengujian hipotesis produk media interaktif ini dinyatakan efektif digunakan untuk pembelajaran bangun datar dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh harga thitung seharga 9,27 lebih besar dari ttabel seharga 1,98 maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media interaktif pembelajaran bangun datar telah teruji efektif. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 95.63% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan pembelajaran multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Ban p
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Geometri; Bangun datar; Macromedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:35
Last Modified: 22 Jun 2016 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item
View Item