PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BUDI MURNI 2 MEDAN

SIMARMATA, GABRIELA RIBKA SARAGIH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192413002_Cover.pdf] Text
1192413002_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1192413002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192413002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of 1192413002_Abstrak.pdf] Text
1192413002_Abstrak.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 1192413002_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192413002_Kata_Pengantar.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 1192413002_Daftar_Isi.pdf] Text
1192413002_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1192413002_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192413002_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1192413002_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192413002_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1192413002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192413002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1192413002_BAB_I.pdf] Text
1192413002_BAB_I.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of 1192413002_BAB_V.pdf] Text
1192413002_BAB_V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1192413002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192413002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (384kB)

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah yaitu kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 pada anak yang belum sepenuhnya berkembang dengan signifikan. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan 1 – 10 Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode penelitian Eksperimental (Quasi-experiment Design) dengan desain The Equaivalent Time Samples. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua anak usia 4-5 tahun pada kelas A dengan jumlah sampel 20 anak di TK Budi Murni 2 Medan . Penelitian dilakukan dengan 3 kali perlakuan. Instrumen pengumpulan data memanfaatkan lembar observasi. Dari hasil analisis data memiliki skor rata-rata perlakuan 1 sebesar 2,4 lalu perlakuan 2 mendapatkan nilai rata-rata 7,05 sedangkan perlakuan 3 memiliki nilai rata-rata 9,45. Berdasarkan analisis data melalui uji hipotesis non parametrik maka diperoleh nilai test statistic SPSS 26 yakni 0,000. Maka dari itu bisa ditarik kesimpulan bahwa media loose part memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 pada anak usia 4- 5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan mengenal Bilangan 1 -10, Loose Part, Anak usia 4-5 tahun.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:13
Last Modified: 21 Jul 2025 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59593

Actions (login required)

View Item
View Item