SIMARMATA, GABRIELA RIBKA SARAGIH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192413002_Cover.pdf
Download (224kB)
1192413002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (899kB)
1192413002_Abstrak.pdf
Download (438kB)
1192413002_Kata_Pengantar.pdf
Download (515kB)
1192413002_Daftar_Isi.pdf
Download (240kB)
1192413002_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
1192413002_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
1192413002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (305kB)
1192413002_BAB_I.pdf
Download (652kB)
1192413002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1192413002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
1192413002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (985kB)
1192413002_BAB_V.pdf
Download (241kB)
1192413002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (384kB)
1192413002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah yaitu kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 pada anak yang belum sepenuhnya berkembang dengan signifikan. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan 1 – 10 Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode penelitian Eksperimental (Quasi-experiment Design) dengan desain The Equaivalent Time Samples. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua anak usia 4-5 tahun pada kelas A dengan jumlah sampel 20 anak di TK Budi Murni 2 Medan . Penelitian dilakukan dengan 3 kali perlakuan. Instrumen pengumpulan data memanfaatkan lembar observasi. Dari hasil analisis data memiliki skor rata-rata perlakuan 1 sebesar 2,4 lalu perlakuan 2 mendapatkan nilai rata-rata 7,05 sedangkan perlakuan 3 memiliki nilai rata-rata 9,45. Berdasarkan analisis data melalui uji hipotesis non parametrik maka diperoleh nilai test statistic SPSS 26 yakni 0,000. Maka dari itu bisa ditarik kesimpulan bahwa media loose part memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 pada anak usia 4- 5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan mengenal Bilangan 1 -10, Loose Part, Anak usia 4-5 tahun. |
| Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:13 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 08:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59593 |
