Arifin, Miptakul (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN DAN PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Studi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran mesin konversi energi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir.Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran mesin konversi energi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan lima puluh delapan siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,328 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1.67, sehingga thitung> ttabel, efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif = 80.46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 71.72%. kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 71.84%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Ari p |
Keywords: | Mesin konversi energi; Media pembelajaran interaktif; Macromedida flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:24 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5959 |