Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas VIII MTsN 2 Medan

Lubis, Putri Wildayani (2024) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas VIII MTsN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111022_Cover.pdf] Text
4201111022_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4201111022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4201111022_Abstrak.pdf] Text
4201111022_Abstrak.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4201111022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111022_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4201111022_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111022_Daftar_Isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4201111022_BAB_I.pdf] Text
4201111022_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4201111022_BAB_V.pdf] Text
4201111022_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4201111022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 MTsN 2 Medan yang berjumlah 32 orang. Objeknya dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui dua tes penalaran berbentuk essay.Tes Kemampuan Penalaran I dilaksanakan setelah Tindakan I (Siklus I) yang terdiri dari 4 soal, dan Tes Kemampuan Logika II dilaksanakan setelah Tindakan II (Siklus II) yang terdiri dari 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang juga terlihat pada hasil tes penalaran matematisnya. Sebelum dilakukan tindakan, rata-rata nilai tes diagnostik sebesar 39,75 dan tingkat berpikir keseluruhan berada pada kategori berpikir sangat rendah sebanyak 2 orang siswa (6,25%). Setelah dilakukan tindakan Siklus I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, rata-rata skor Tes Kemampuan Penalaran meningkat menjadi 69,68 dan sebanyak 22 orang (68,75%) mempunyai tingkat kemampuan penalaran kurang, artinya rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 29,73.Setelah dilakukan tindakan Siklus II rata-rata nilai Tes Penalaran Matematis II sebesar 84,28 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang (90,63%) yang masuk dalam kategori ketuntasan tinggi, artinya rata-rata nilai yang dicapai mengalami peningkatan sebesar 21,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII-8 MTsN 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:04
Last Modified: 06 Feb 2025 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59589

Actions (login required)

View Item
View Item