Lubis, Putri Wildayani (2024) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas VIII MTsN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201111022_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Cover.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 4201111022_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 4201111022_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Abstrak.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 4201111022_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 4201111022_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Daftar_Isi.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 4201111022_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_BAB_I.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 4201111022_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_BAB_V.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 4201111022_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (243kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 MTsN 2 Medan yang berjumlah 32 orang. Objeknya dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui dua tes penalaran berbentuk essay.Tes Kemampuan Penalaran I dilaksanakan setelah Tindakan I (Siklus I) yang terdiri dari 4 soal, dan Tes Kemampuan Logika II dilaksanakan setelah Tindakan II (Siklus II) yang terdiri dari 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang juga terlihat pada hasil tes penalaran matematisnya. Sebelum dilakukan tindakan, rata-rata nilai tes diagnostik sebesar 39,75 dan tingkat berpikir keseluruhan berada pada kategori berpikir sangat rendah sebanyak 2 orang siswa (6,25%). Setelah dilakukan tindakan Siklus I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, rata-rata skor Tes Kemampuan Penalaran meningkat menjadi 69,68 dan sebanyak 22 orang (68,75%) mempunyai tingkat kemampuan penalaran kurang, artinya rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 29,73.Setelah dilakukan tindakan Siklus II rata-rata nilai Tes Penalaran Matematis II sebesar 84,28 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang (90,63%) yang masuk dalam kategori ketuntasan tinggi, artinya rata-rata nilai yang dicapai mengalami peningkatan sebesar 21,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII-8 MTsN 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:04 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59589 |