Kurniawan, Rizki (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5103122034 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM.5103122034 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
3. NIM.5103122034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM.5103122034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM.5103122034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM.5103122034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.5103122034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM.5103122034 LIST OF APPENDDEXE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.5103122034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM.5103122034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM.5103122034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Sistem Bahan Bakar Bensin pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam melalui model Pembelajaran Berbasis Project. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan evaluasi hasil belajar dan aktivitas belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,72. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran berbasis project pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 84,0. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 19 orang siswa (59,38%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 26 orang siswa (81,25%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 6 orang siswa (18,75%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan jumlah skor 40,8 siswa tergolong kurang aktif dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh jumlah skor 47,2 siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Project dapat meningkatkan hasil belajar pada mata diklat Sistem Bahan Bakar Bensin pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 007 |
Keywords: | Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin; Penelitian Tindakan Kelas; Model Pembelajaran Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:23 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5958 |