TARIGAN, ROMI (2023) PENGARUH KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA KARO TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 040562 KUTA GUGUNG KECAMATAN JUHARTA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1182111026_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Cover.pdf
Download (184kB)
![[thumbnail of 1182111026_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (629kB)
![[thumbnail of 1182111026_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Abstrak.pdf
Download (851kB)
![[thumbnail of 1182111026_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (900kB)
![[thumbnail of 1182111026_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Daftar_Isi.pdf
Download (612kB)
![[thumbnail of 1182111026_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1182111026_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Daftar_Tabel.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 1182111026_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (378kB)
![[thumbnail of 1182111026_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1182111026_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_BAB_V.pdf
Download (354kB)
![[thumbnail of 1182111026_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1182111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menggunakan bahasa Karo terhadap hasil belajar tematik siswa SDN 040562 kuta Gugung Kecamatan Juhar T.A 2022/2023.Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain Pretes-Postest Control Grub .Variabel bebas adalah kebiasaan menggunan bahasa Karo sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar tematik.Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 040562,yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:kelompok A (Kelas ekperimen)dan B (Kelas kontrol).Kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 13 siswa dan kelompok Kontrol dengan jumlah 13 siswa .Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel.Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah soal 16 yang telah diuji Validasi,Reabilitas,Daya pembeda dan Tingkat kesukarannya.Berdasarkan analisis data dengan sampel 13 siswa pada kelompok eksperimen dan 13 siswa pada 13 kelompok kontrol diperoleh hasil rata-rata kelompok ekperimen pada prestes (34,1) dan posttes (82,2)sedangkan pada kelompok kontrol pretes (30,9) dan posttes (77,6) pada tarap signifikan (=0,05) kedua kelompok berdistribusi normal karena Lhitung <Ltabel yaitu 0,184<0,234 (pretes kelompok eksperimen),0,150<234 (posttes kelompok eksperimen) 0,122<0,234 (pretes kelompok kontrol) 0,194<0,194 (posttes kelompok kontrol) .Uji homogenitas pada posttes kelompok eksperimen dan kelompok kontol dengan Fhitung <Ftabel yaitu 0,7222<2,686.Dilakukan uji t pada taraf nyata (a_=0,05)bahwa Thitung >Ttabel yaitu 3,285>2,063 sehingga Ha diterima dengan He ditolak .Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahasa campuran (Bahasa Karo +Bahasa Indonesia )dikelas IV SDN 040562 Kuta Gugung.
Penulisan menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang siginifakan dari penggunaan bahasa campuran (Bahasa Karo+Bahasa Indonesia) dikelas IV pada tema 2 pembelajaran IPA,matematika ,.SBdP di SDN 040562 Kuta Gugung kecamatan Juhar T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahasa Karo,Pembelaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59573 |