IR, YOSEVA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR WORDLESS PICTURE BOOK BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN 2 DI SD NEGERI 064017. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1195011004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 1195011004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (286kB)
![[thumbnail of 1195011004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 1195011004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Kata_Pengantar.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of 1195011004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 1195011004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1195011004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1195011004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1195011004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_BAB_I.pdf
Download (432kB)
![[thumbnail of 1195011004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1195011004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1195011004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Permasalahan penelitian terdiri dari enam jenis yaitu: pertama, penggunaan bahan
ajar yang masih cenderung monoton dan kurang menarik. Kedua, terbatasnya
kemampuan peserta didik sehingga bahan ajar yang tersedia tidak dapat dipahami
dengan baik. Ketiga, tidak tersedianya bahan ajar bergambar atau berbasis
Wordless Picture Book di sekolah. Keempat, koleksi buku sekolah hanya berasal
dari buku guru dan siswa edisi revisi Kemendikbud. Kelima, guru tidak kreatif
dan hanya menggunakan gambar dari cerita yang terdapat di buku atau diunduh
dari internet sehingga peserta didik menjadi bosan dan tidak berkonsentrasi.
Keenam, hasil perolehan nilai pembelajaran pada kegiatan pembelajaran tema 8
sub tema 4 pembelajaran 2 peserta didik masih rendah atau di bawah KKM.
Tujuan penelitian adalah menilai kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan
ajar Wordless Picture Book dalam pembelajaran tematik tema 8 sub tema 4
pembelajaran 2 di SD Negeri 064017. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Research & Development model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri atas data kualitatif
dan data kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Hasil uji kelayakan
bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilai-nilai Karakter menyatakan
bahwa bahan ajar layak diujicobakan. Kelayakan untuk uji coba diperoleh melalui
uji validitas ahli materi dan media yang dilakukan kepada dosen ahli dengan
perolehan masingmasing 77% untuk kelayakan materi dan 75,1% untuk kelayakan
media; 2) Hasil uji kepraktisan bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilainilai
Karakter dianalisis melalui kegiatan penilaian respon guru melalui
wawancara dan respon peserta didik melalui angket dengan perolehan hasil ratarata
sebesar 68,69% dengan kategori baik, sehingga respon pesera didik
menunjukkan hal positif dan dapat dipertahankan; dan 3) Hasil efektivitas bahan
ajar ditunjukkan oleh perolehan nilai NGain yang menyatakan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran
setelah menggunakan bahan ajar Wordless Picture Book Berbasis Nilai-nilai
Karakter. Peningkatan terjadi secara signifikan dari nilai rata-rata NGain awal
sebesar 35,92 menjadi 61,13. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar
Wordless Picture Book sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Wordless Picture Book, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:17 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59560 |