PENERAPAN LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2023/2024

SIMANJUNTAK, RENI VIOLINA (2024) PENERAPAN LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311030_Cover.pdf] Text
1203311030_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1203311030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 1203311030_Abstrak.pdf] Text
1203311030_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203311030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311030_Kata_Pengantar.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1203311030_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311030_Daftar_Isi.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1203311030_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311030_Daftar_Gambar.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1203311030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311030_Daftar_Tabel.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1203311030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 1203311030_BAB_I.pdf] Text
1203311030_BAB_I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 1203311030_BAB_V.pdf] Text
1203311030_BAB_V.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1203311030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan penerapan Language Experience Approach dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2023/2024.
(2) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan Language Experience Approach dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2023/2024. (3) mendeskripsikan hasil penerapan Language Experience Approach dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V A SDN 105292 Bandar Klippa dengan jumlah siswa 30 orang. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap T.A. 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes, dan non tes (observasi dan dokumentasi). Pada hasil pre-test menulis di pra siklus siswa mendapatkan rata-rata nilai 56. Selanjutnya setelah diberikan tindakan Language Experience Approach pada siklus 1 untuk perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada pertemuan I mendapat persentase skor 78,82% dan di pertemuan II mendapat persentase skor 81,17%, dan untuk pengamatan pembelajaran aktivitas guru mendapat nilai 65% di pertemuan I dan 75% dipertemuan II, sedangkan untuk aktivitas siswa mendapat nilai 67,5% di pertemuan I dan 75% di pertemuan II, hasil menulis siswa meningkat dengan rata-rata nilai 71,17. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II untuk perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada pertemuan I mendapat persentase skor 88,23% dan di pertemuan II mendapat persentase skor 91,67%, untuk pengamatan pembelajaran aktivitas guru mendapat nilai 83,75% di pertemuan I dan 95% dipertemuan II, sedangkan untuk aktivitas siswa mendapat nilai 85% di pertemuan I dan 90% di pertemuan II serta hasil menulis siswa meningkat dengan rata-rata nilai 82,83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan setelah dilakukannya Language Experience Approach dalam keterampilan menulis siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Menulis, Language Experience Approach
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:18
Last Modified: 21 Jul 2025 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59558

Actions (login required)

View Item
View Item