Implementation of Guided Discovery Learning Model to Improve Mathematical Problem Solving Ability at SMP Negeri 10 Medan.

Sitorus, Pricilia Mawar M. (2024) Implementation of Guided Discovery Learning Model to Improve Mathematical Problem Solving Ability at SMP Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111012_Cover.pdf] Text
4203111012_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203111012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4203111012_Abstrak.pdf] Text
4203111012_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203111012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111012_Kata_Pengantar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4203111012_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111012_Daftar_Isi.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4203111012_BAB_I.pdf] Text
4203111012_BAB_I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4203111012_BAB_V.pdf] Text
4203111012_BAB_V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203111012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan hasil tes kemampuan awal siswa yang didukung oleh wawancara terhadap guru bidang studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan ketuntasan klasikal siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan melalui model Guided Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 10 Medan T.A 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model Guided Discovery Learning pada materi peluang. Hasil penelitian yang diperoleh dari tes kemampuan awal sebelum diterapkan model kemampuan pemecahan masalah matematis bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 40,19. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 66,21 yang berada pada kategori sedang dan banyak 16 siswa (50%). Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 85,29 yang berada pada kategori tinggi dan banyak 29 siswa (90,62%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:19
Last Modified: 05 Feb 2025 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59552

Actions (login required)

View Item
View Item