Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Flip PDF Professional Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Negeri 16 Medan

Fazira, Nurul (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Flip PDF Professional Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Negeri 16 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111026_Cover.pdf] Text
4201111026_Cover.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4201111026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 4201111026_Abstrak.pdf] Text
4201111026_Abstrak.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4201111026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111026_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4201111026_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111026_Daftar_Isi.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 4201111026_BAB_I.pdf] Text
4201111026_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 4201111026_BAB_V.pdf] Text
4201111026_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4201111026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan e-modul berbasis problem based learning menggunakan Flip PDF Professional yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri 16 Medan pada pokok bahasan Analisis Regresi dan Analisis Korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi e-modul, lembar Modul Ajar, tes kemampuan literasi matematis (pretest dan posttest), dan angket respon. Setelah emodul dan instrumen dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan ahli materi, dilanjutkan dengan uji keterbacaan dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan persentase dari ahli materi sebesar 87,5% dan dari ahli media sebesar 85%% dengan kategori sangat valid, (2) e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase dari angket kepraktisan untuk guru sebesar 93% dan angket respon siswa sebesar 85,5%, (3) e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif yang ditentukan dari (a) ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87,09%; (b) ketercapaian ketuntasan indikator yang dirumuskan yaitu merumuskan matematika sebesar 96,70%, menerapkan matematika sebesar 93,50%, dan menafsirkan matematika sebesar 77,40%; (c) respon positif siswa terhadap kegiatan pembelajaran sebesar 97,98%; dan (d) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah belajar menggunakan e-modul mengalami peningkatan ditinjau dari nilai n-gain meningkatan berada pada kategori sedang dengan rata-rata 0,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-modul, Problem Based Learning, Flip PDF Professional, Kemampuan Literasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:21
Last Modified: 05 Feb 2025 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59539

Actions (login required)

View Item
View Item