Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak.

Nirwana, Nurul Intan (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111087_Cover.pdf] Text
4193111087_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193111087_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111087_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111087_Abstrak.pdf] Text
4193111087_Abstrak.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4193111087_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111087_Kata_Pengantar.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4193111087_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111087_Daftar_Isi.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193111087_BAB_I.pdf] Text
4193111087_BAB_I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193111087_BAB_V.pdf] Text
4193111087_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4193111087_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111087_Daftar_Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif berbantuan Liveworksheets yang valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Instrument yang digunakan dalam mendukung penelitian adalah lembar validasi terhadap angket respon siswa dan guru, lembar validasi terhadap media dan materi, angket respon guru dan siswa dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-LKPD Interaktif dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rata-rata kevalidan 3.58 oleh ahli media dan 3.66 oleh ahli materi dalam kategori sangat valid, 2) Kepraktisan E-LKPD Interaktif dinyatakan praktis jika rata-rata persentase kepraktisan mencapai 76%-100% memenuhi kriteria praktis, berdasarkan hasil respon guru terhadap angket respon adalah 92%, dan angket respon siwa dalam kelompok kecil dan kelompok besar adalah sebesar 93% dan 96% dalam kategori sangat praktis, 3) Keefektifan E-LKPD Interaktif dinyatakan dalam kategori efektif, terlihat dari; a) Tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 85.71% siswa tuntas, b) Tercapainya masing-masing indikator, indikator 1 sebesar 88.57%, indikator 2 sebesar 85.71%, indikator 3 sebesar 85.71%, dan indikator 4 sebesar 74.28%, c) respon positif siswa terhadap E-LKPD sebesar 96%, 4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari nilai N-Gain pada masing-masing indikator, indikator pertama diperoleh sebesar 0.68 pada kategori sedang, indikator kedua diperoleh sebesar 0.62 pada kategori sedang, indikator ketiga diperoleh sebesar 0.64 pada kategori sedang dan indikator keempat sebesar 0.58 pada kategori sedang. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis secara keseluruhan diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0.63 dengan kategori sedang dengan rentang nilai 0.3 ≤ g ≤ 0.7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:04
Last Modified: 05 Feb 2025 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59533

Actions (login required)

View Item
View Item