SITANGGANG, JUNJUNGAN NATANAEL (2024) HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 166325 KOTA TEBING TINGGI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311120_Cover.pdf
Download (239kB)
1203311120_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (818kB)
1203311120_Abstrak.pdf
Download (240kB)
1203311120_Kata_Pengantar.pdf
Download (409kB)
1203311120_Daftar_Isi.pdf
Download (368kB)
1203311120_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
1203311120_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
1203311120_Daftar_Lampiran.pdf
Download (215kB)
1203311120_BAB_I.pdf
Download (524kB)
1203311120_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (862kB)
1203311120_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (947kB)
1203311120_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311120_BAB_V.pdf
Download (308kB)
1203311120_Daftar_Pustaka.pdf
Download (377kB)
1203311120_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen kelas yang terlaksana, tinggi rendahnya motivasi belajar siswa dan hubungan antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa Kelas V di SD Negeri 166325 Kota Tebing Tinggi T.A 2023/2024. Penelitian ini berjenis penelitian korelasi metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang siswa/i Kelas V, dengan siswa laki-laki berjumlah 13 orang dan siswa perempuan berjumlah 17 orang. Keseluruhan sampel yang ada diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh (total sampling) sebagai bagian dari teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Data yang diperoleh, diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows dengan nilai signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95% atau alpha 0,05) untuk hasil yang akurat dan selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen kelas yang terlaksana berada pada kategori sedang (66,7%), motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang (70,0%) dan terdapat hubungan siginifikan antara manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa (nilai Sig. (p) sebesar 0,000, dimana (p) < 0,05 dan nilai Pearson Correlation (r) sebesar 0,632). Selain menunjukan hubungan yang signifikan, perolehan hasil yang ada menyatakan hubungan kedua variabel berada pada kategori korelasi kuat dan bersifat positif (artinya: semakin tinggi manajemen kelas yang diberikan oleh guru maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa yang dihasilkan, begitu pun sebaliknya, semakin rendah manajemen kelas yang diberikan oleh guru maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa yang dihasilkan).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Manajemen Kelas, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:22 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 02:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59528 |
