ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI NOLTING PADA SISWA KELAS V SD

SURI, ETIKA (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI NOLTING PADA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111013_Cover.pdf] Text
1202111013_Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1202111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of 1202111013_Abstrak.pdf] Text
1202111013_Abstrak.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 1202111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 1202111013_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111013_Daftar_Isi.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1202111013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111013_Daftar_Gambar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1202111013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111013_Daftar_Tabel.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1202111013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202111013_BAB_I.pdf] Text
1202111013_BAB_I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1202111013_BAB_V.pdf] Text
1202111013_BAB_V.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 1202111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami siswa
berdasarkan Teori Nolting dalam menyelesaikan soal cerita menentukan keliling
dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang dan untuk mengetahui faktor
penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal cerita
menentukan keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang
berdasarkan Teori Nolting. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 050755 Tangkahan Durian T.A
2023/2024 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes esai
yang berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar. Adapun
kesalahan tersebut yaitu: (1) kesalahan membaca petunjuk (misread-directions
errors) sebanyak 60%, (2) kesalahan kecerobohan (careless errors) sebanyak
43%, (3) kesalahan konsep (concept errors) sebanyak 57%, (4) kesalahan
penerapan (application errors) sebanyak 17%, dan (5) kesalahan pengerjaan tes
(test taking errors) sebanyak 43%. Faktor penyebab kesalahan siswa antara lain
siswa tidak teliti dalam menuliskan komponen yang diketahui dan ditanyakan
soal, siswa tidak terbiasa menuliskan komponen yang ditanyakan pada soal, siswa
tidak menguasai konsep persegi dan persegi panjang, siswa merasa sepele
sehingga tidak menuliskan satuan panjang pada hasil jawaban, siswa tidak terbiasa
menyelesaikan soal berbentuk cerita, dan siswa merasa bingung dalam
menentukan rumus untuk menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Teori Nolting
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:27
Last Modified: 21 Jul 2025 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59520

Actions (login required)

View Item
View Item