PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 105390 PULAU GAMBAR T.A 2023/2024

HATI, DIA AYU PERMATA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 105390 PULAU GAMBAR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311124_Cover.pdf] Text
1193311124_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1193311124_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311124_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1193311124_Abstrak.pdf] Text
1193311124_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1193311124_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311124_Kata_Pengantar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1193311124_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311124_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193311124_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311124_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311124_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311124_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311124_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311124_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311124_BAB_I.pdf] Text
1193311124_BAB_I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 1193311124_BAB_V.pdf] Text
1193311124_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1193311124_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311124_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap kemampuan
berpikir kritis pada tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 peserta didik kelas V A dan
V B SD Negeri 105390 Pulau Gambar tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini
dilatarbelakangi dari diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan masih
teacher centered dan rendahnya hasil ulangan tema 2 siswa kelas VA dan VB SD
Negeri 105390 Pulau Gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas V B sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran SSCS
(Search, Solve, Create, and Share) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase kelulusan posttest,
pada kelas eksperimen II dari 27 siswa hanya 16 (60%) siswa yang tuntas dan
sisanya 11 (40%) siswa tidak tuntas karena nilainya tidak mencapai KKM,
sedangkan data nilai posttest pada kelas eksperimen I dari 28 siswa terdapat 23
(82%) siswa yang tuntas karena nilainya mencpai KKM dan sisanya 5 (18%)
siswa tidak tuntas karena nilainya tidak mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: SSCS, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:27
Last Modified: 21 Jul 2025 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59516

Actions (login required)

View Item
View Item