Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII

Nupus, Nurhayatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311025_Cover.PDF] Text
4193311025_Cover.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 4193311025_Abstrak.PDF] Text
4193311025_Abstrak.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_Kata_Pengantar.PDF] Text
4193311025_Kata_Pengantar.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_Daftar_Isi.PDF] Text
4193311025_Daftar_Isi.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_BAB_I.PDF] Text
4193311025_BAB_I.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_BAB_V.PDF] Text
4193311025_BAB_V.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of 4193311025_Daftar_Pustaka.PDF] Text
4193311025_Daftar_Pustaka.PDF

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas VII, 2. Kesulitan atau kelemahan siswa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini ada dua variabel: variabel X bebas (Model Pembelajaran Numbered Head Together) dan variabel Y terikat (hasil belajar). Populasinya seluruh kelas VII, sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yakni VII-6 (kelas eksperimen) dan kelas VII-7 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian nilai data pretest diperoleh rata-rata kelas eksperimen 29,59 dan kelas kontrol 31,5. Sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata eksperimen 77,40 dan kelas kontrol 71,34. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh dengan derajat kebebasan = 62, dengan taraf signifikansi 5% maka ������ = 1,669 dan �ℎ����� = 2,061, diketahui bahwa �ℎ����� > ������, sehingga hipotesis null ditolak Ho ditolak atau Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Model Numbered Head Together dapat mengurangi kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan persamaan linier satu variabel serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:22
Last Modified: 05 Feb 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59513

Actions (login required)

View Item
View Item