ZEGA, DARLING KRISMAN (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN E-MATHEMATICS SNAKES AND LADDERS PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311017_Cover.pdf
Download (64kB)
1203311017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (372kB)
1203311017_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1203311017_Kata_Pengantar.pdf
Download (197kB)
1203311017_Daftar_Isi.pdf
Download (470kB)
1203311017_Daftar_Tabel.pdf
Download (216kB)
1203311017_Daftar_Gambar.pdf
Download (311kB)
1203311017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (390kB)
1203311017_BAB_I.pdf
Download (644kB)
1203311017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
1203311017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203311017_BAB_V.pdf
Download (410kB)
1203311017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (514kB)
1203311017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan
permainan E-Mathematics Snakes and Ladders pada materi bangun datar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. (2) Untuk mengetahui kepraktisan
permainan E-Mathematics Snakes and Ladders pada materi bangun datar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. (3) Untuk mengetahui keefektifan
permainan E-Mathematics Snakes and Ladders pada materi bangun datar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas
V-A SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 29 orang siswa. Waktu
pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap T.A 2023/2024. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang
dilaksanakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, kuesioner, angket
dan tes 20 butir soal. Nilai persentase dari aspek materi yang diberikan oleh
validator adalah 85% dengan kriteria kelayakan “sangat layak”. Nilai persentase
dari aspek soal yang diberikan oleh validator adalah 90% dengan kriteria kelayakan
“sangat layak”. Nilai persentase dari aspek media yang diberikan oleh validator
adalah 80% dengan kriteria kelayakan “layak”. Nilai persentase dari aspek
kepraktisan yang diberikan oleh validator adalah 82% dengan kriteria kelayakan
“sangat praktis”. Dari hasil perbandingan rata-rata pre-test dan post-test,
ditemukan bahwa terdapat nilai 60,74% dengan kriteria kepraktisan “cukup
efektif”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media, E-Mathematics Snakes and Ladders, Bangun Datar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:28 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 07:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59512 |
