Sinaga, Johannes (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PARULIAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113122025 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 5113122025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3. NIM 5113122025 ABSTRACK IND.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM 5113122025 PRECACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 5113122025 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 5113122025 TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 5113122025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5113122025 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 5113122025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
13. NIM 5113122025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM 5113122025 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe Kooperatif Learning Together Terhadap Hasil Belajar Sistem Rem SMK Parulian 3 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa sistem rem yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kooperatif Learning Together dengan model pembelajaran Konvesional di SMK Parulian 3 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian 3 Medan Jl.Sisingamangaraja Km 7,5 No 44 Medan Semester Ganjil T.P 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Parulian 3 Medan dengan total siswa terdiri dari 3 kelas. Kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Learning Together dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran Konvesional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang dianalisis secara statistika dengan menggunakan rumus uji-t. Sebelum menguji hipotesis, harus diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test dan post test pada kelas eksperimen adalah 67,67 dan 80,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 62,17 dan 73,50. Selanjutnya untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistik-t. Dari perhitungan diperoleh nilai thitung 2,67. Pada taraf α = 0.05 diperoleh ttabel 2,0021. Berarti thitung lebih besar daripada ttabel (2,67 > 2,0021) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian tersedia cukup bukti untuk menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Learning Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem di SMK Parulian 3 Medan T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTO 009 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kooperatif Learning Together. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5951 |