PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GRUP DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 0304 SIUNDOL

HRP, CINDY WULANDHANI SAPUTRI (2024) PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GRUP DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 0304 SIUNDOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111042_Cover.pdf] Text
1191111042_Cover.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1191111042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of 1191111042_Abstrak.pdf] Text
1191111042_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1191111042_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111042_Kata_Pengantar.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1191111042_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111042_Daftar_Isi.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1191111042_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111042_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1191111042_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111042_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1191111042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1191111042_BAB_I.pdf] Text
1191111042_BAB_I.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 1191111042_BAB_V.pdf] Text
1191111042_BAB_V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1191111042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi Buzz Grup dan pembelajaran dengan metode Tanya jawab pada pembelajaran tema 1 subtema 2 kelas V SDN 0304 Siundol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 0304 Siundol. Dimana terdapat dua kelas dengan kondisi yang homogen. Pada kelas pertama yaitu kelas VA proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan menggunakan metode Buzz Grup sedangkan pada kelas kedua yaitu kelas VB proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan metode tanya jawab. Desain yang digunakan adalah Multiple Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji Normalitas, Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Uji-t dan Uji-F. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam pengujian hipotesis dengan uji t tidak ada pengaruh penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Thitung 0,659 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,515 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada pengujian hipotesis kedua, terdapat pengaruh penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh nilai Thitung 2,728 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,011 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Buzz Grup, Tanya Jawab, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:28
Last Modified: 21 Jul 2025 09:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59506

Actions (login required)

View Item
View Item