HRP, CINDY WULANDHANI SAPUTRI (2024) PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GRUP DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 0304 SIUNDOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1191111042_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Cover.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 1191111042_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (804kB)
![[thumbnail of 1191111042_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Abstrak.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 1191111042_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of 1191111042_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1191111042_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1191111042_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 1191111042_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 1191111042_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_BAB_I.pdf
Download (526kB)
![[thumbnail of 1191111042_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_BAB_V.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of 1191111042_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (350kB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi Buzz Grup dan pembelajaran dengan metode Tanya jawab pada pembelajaran tema 1 subtema 2 kelas V SDN 0304 Siundol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 0304 Siundol. Dimana terdapat dua kelas dengan kondisi yang homogen. Pada kelas pertama yaitu kelas VA proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan menggunakan metode Buzz Grup sedangkan pada kelas kedua yaitu kelas VB proses belajar mengajar diberikan perlakuan dengan metode tanya jawab. Desain yang digunakan adalah Multiple Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji Normalitas, Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Uji-t dan Uji-F. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam pengujian hipotesis dengan uji t tidak ada pengaruh penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Thitung 0,659 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,515 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Buzz Group terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada pengujian hipotesis kedua, terdapat pengaruh penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh nilai Thitung 2,728 dan Ttabel 1,68023, nilai Thitung < Ttabel. Sedangkan nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,011 > 0,05. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh signifikan yang parsial penggunaan metode Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buzz Grup, Tanya Jawab, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:28 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59506 |