PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKBERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SEKOLAH DASAR

SIMANJUNTAK, Oleh : CHRISTY WULANDARI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKBERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411030_Cover.pdf] Text
1202411030_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1202411030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202411030_Abstrak.pdf] Text
1202411030_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1202411030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411030_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1202411030_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411030_Daftar_Isi.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1202411030_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411030_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1202411030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411030_Daftar_Tabel.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1202411030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1202411030_BAB_I.pdf] Text
1202411030_BAB_I.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 1202411030_BAB_V.pdf] Text
1202411030_BAB_V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1202411030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang layak, praktis dan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi KPK dan FPB di kelas V SDN 101778 Medan Estate. Model pengembangan yang digunakan ADDIE yang meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar angket uji validasi materi dan desain, angket uji kepraktisan serta soal pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan LKPD dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik pengolahan data yang diperoleh pada penelitian ini adalah teknik statistika deskriptif. Berdasarkan uji validasi LKPD yang dikembangkan masuk kategori sangat layak dengan perolehan skor kelayakan desain 3,85 dengan persentase 96,25% dan kelayakan materi 3,84 dan persentase 96%. Uji kepraktisan memperoleh skor 4,00 dan persentase kepraktisan sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Sementara uji keefektifan LKPD ditinjau dari uji pretest dan posttest memperoleh nilai gain 0,82 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 82% yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Realistic Mathematic Education, KPK dan FPB, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:28
Last Modified: 21 Jul 2025 09:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59501

Actions (login required)

View Item
View Item