SIMANJUNTAK, CHRISTY WULANDARI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKBERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411030_Cover.pdf
Download (119kB)
1202411030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1202411030_Abstrak.pdf
Download (205kB)
1202411030_Kata_Pengantar.pdf
Download (192kB)
1202411030_Daftar_Isi.pdf
Download (212kB)
1202411030_Daftar_Tabel.pdf
Download (65kB)
1202411030_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
1202411030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
1202411030_BAB_I.pdf
Download (622kB)
1202411030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
1202411030_BAB_V.pdf
Download (240kB)
1202411030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (490kB)
1202411030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang layak, praktis dan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi KPK dan FPB di kelas V SDN 101778 Medan Estate. Model pengembangan yang digunakan ADDIE yang meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar angket uji validasi materi dan desain, angket uji kepraktisan serta soal pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan LKPD dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik pengolahan data yang diperoleh pada penelitian ini adalah teknik statistika deskriptif. Berdasarkan uji validasi LKPD yang dikembangkan masuk kategori sangat layak dengan perolehan skor kelayakan desain 3,85 dengan persentase 96,25% dan kelayakan materi 3,84 dan persentase 96%. Uji kepraktisan memperoleh skor 4,00 dan persentase kepraktisan sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Sementara uji keefektifan LKPD ditinjau dari uji pretest dan posttest memperoleh nilai gain 0,82 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 82% yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | LKPD, Realistic Mathematic Education, KPK dan FPB, Peningkatan Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:28 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 07:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59501 |
