PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS VI SDN 101777 SAENTIS T.A 2023/2024

NAINGGOLAN, BETA GLORIMA (2024) PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS VI SDN 101777 SAENTIS T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111031_Cover.pdf] Text
1191111031_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1191111031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1191111031_Abstrak.pdf] Text
1191111031_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1191111031_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111031_Kata_Pengantar.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1191111031_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111031_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1191111031_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111031_Daftar_Gambar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1191111031_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111031_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191111031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191111031_BAB_I.pdf] Text
1191111031_BAB_I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1191111031_BAB_V.pdf] Text
1191111031_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1191111031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Monopoli Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas VI SD Negeri
101777 Saentis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment atau
eksperimen semu dengan pendekatan Kuantitatif. Desain Penelitisn ini adalah
nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI
A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol SDN 101777
Saentis yang berjumlah 51 Siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa
instrument Test sebanyak 20 Soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48 dan kelas kontrol
sebesar 48, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,82
Sehingga adanya Pengaruh dalam penggunaan Media Monopoli untuk
meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Berdasarkan hasil uji Hipotesis dengan
menggunakan uji-t diperoleh hasil dengan taraf signifikan yang digunakan adalah
5% = 0,05 nilai t hitung > t tabel = 1,6736 > -4,7796 sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan menggunakan Media Monopoli terhadap hasil belajar peserta
didik pada Tema 3 Subtema 2 di kelas VI SDN 101777 Saentis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Monopoli, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:28
Last Modified: 21 Jul 2025 09:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59498

Actions (login required)

View Item
View Item