Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar

Fahrani, Nazurah (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411003_Cover.pdf] Text
4202411003_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4202411003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4202411003_Abstrak.pdf] Text
4202411003_Abstrak.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4202411003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411003_Kata_Pengantar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4202411003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411003_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4202411003_BAB_I.pdf] Text
4202411003_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4202411003_BAB_V.pdf] Text
4202411003_BAB_V.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4202411003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMAS Kartika 1-4 Pematang Siantar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket minat belajar kepada siswa, kemudian diambil siswa dengan kategori minat belajar tinggi,cukup,kurang dan rendah. Berdasarkan hasil angket yang telah diperoleh didapatkan bahwasanya tidak terdapat siswa yang termasuk kedalam kategori rendah. Oleh karena itu, dipilih 2 orang siswa yang termasuk kategori tinggi, 2 orang siswa yang termasuk kategori cukup dan 2 orang siswa yang termasuk kategori kurang untuk diwawancarai lebih lanjut terkait dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka yang meliputi pembelajaran berbasis projek, materi esensial dan pembelajaran terdiferensiasi memberikan dampak yang positif terhadap minat siswa dalam belajar matematika. Dimana dengan adanya praktek pembelajaran berbasis projek siswa merasa lebih aktif, lebih disiplin, lebih mudah memahami materi, merasakan adanya kebermanfaatan matematika dalam kehidupan, merasakan adanya peningkatan kepercayaan diri, merasakan adanya peningkatan dalam aspek kolaborasi, merasa mendapatkan kebebasan dalam berekspresi dan merasa mendapatkan kesempatan untuk belajar dalam mengasah hardskill. Dengan adanya materi esensial siswa merasa materi yang disajikan tidak terlalu padat, mudah dipahami dan bersifat kontekstual. Dengan adanya pembelajaran terdiferensiasi siswa merasakan adanya pendekatan yang sesuai dengan gaya belajarnya, tidak adanya paksaan dalam belajar dan mendapatkan perhatian dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Minat Belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:51
Last Modified: 05 Feb 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59490

Actions (login required)

View Item
View Item