Andary, Suri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2193311029_Cover.pdf
Download (194kB)
2193311029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
2193311029_Kata_Pengantar.pdf
Download (150kB)
2193311029_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
2193311029_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
2193311029_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
2193311029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (68kB)
2193311029_BAB_I.pdf
Download (372kB)
2193311029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
2193311029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
2193311029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (696kB)
2193311029_BAB_V.pdf
Download (122kB)
2193311029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (128kB)
2193311029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan Penelitiaan ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa
Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini
merupakan seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 04 Medan yang terdiri dari 11
kelas dengan jumlah siswa 324 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IX-1
sebagai kelas eksprimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two
group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat
teks cerpen. Kelas ekperimen memperoleh nilai rata-rata 78,33 sedangkan kelas
kontrol memperoleh rata-rata nilai 73,50. Artinya nilai yang diperoleh kelas
ekperimen lebih tinggi daripada nilai yang diperoleh kelas kontrol. Berdasarkan
hasil analisis, diperoleh bahwa hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan
uji normalitas p > 0,05 pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data hasil
posttest eksperimen adalah (0,059 >0,05), dan hasil uji normalitas data hasil
posttest kontrol adalah (0,200 >0,05). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis
teks cerpen adalah p-value > α = 0,05 dengan hasil posttest kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 0,070 > α = 0,05dan uji hipotesis memperoleh nilai
signifikansi 0.045<0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Jadi , dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing
memberikan pengaruh baik daripada model Problem Based Learning terhadap
kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | menulis; cerpen; model snowball throwing |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF889 Graphology. Study of handwriting Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:35 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 08:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59487 |
