Andary, Suri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2193311029_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Cover.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 2193311029_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 2193311029_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Kata_Pengantar.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 2193311029_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 2193311029_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 2193311029_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 2193311029_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 2193311029_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_BAB_I.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 2193311029_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_BAB_V.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 2193311029_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193311029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (128kB)
Abstract
Tujuan Penelitiaan ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa
Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini
merupakan seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 04 Medan yang terdiri dari 11
kelas dengan jumlah siswa 324 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IX-1
sebagai kelas eksprimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two
group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat
teks cerpen. Kelas ekperimen memperoleh nilai rata-rata 78,33 sedangkan kelas
kontrol memperoleh rata-rata nilai 73,50. Artinya nilai yang diperoleh kelas
ekperimen lebih tinggi daripada nilai yang diperoleh kelas kontrol. Berdasarkan
hasil analisis, diperoleh bahwa hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan
uji normalitas p > 0,05 pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data hasil
posttest eksperimen adalah (0,059 >0,05), dan hasil uji normalitas data hasil
posttest kontrol adalah (0,200 >0,05). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis
teks cerpen adalah p-value > α = 0,05 dengan hasil posttest kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 0,070 > α = 0,05dan uji hipotesis memperoleh nilai
signifikansi 0.045<0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Jadi , dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing
memberikan pengaruh baik daripada model Problem Based Learning terhadap
kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | menulis; cerpen; model snowball throwing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59487 |