Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Andary, Suri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193311029_Cover.pdf] Text
2193311029_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2193311029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193311029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2193311029_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193311029_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2193311029_Daftar_Isi.pdf] Text
2193311029_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2193311029_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193311029_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 2193311029_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193311029_Daftar_Gambar.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2193311029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193311029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2193311029_BAB_I.pdf] Text
2193311029_BAB_I.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 2193311029_BAB_V.pdf] Text
2193311029_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2193311029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193311029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Tujuan Penelitiaan ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa
Kelas IX SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini
merupakan seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 04 Medan yang terdiri dari 11
kelas dengan jumlah siswa 324 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IX-1
sebagai kelas eksprimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two
group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat
teks cerpen. Kelas ekperimen memperoleh nilai rata-rata 78,33 sedangkan kelas
kontrol memperoleh rata-rata nilai 73,50. Artinya nilai yang diperoleh kelas
ekperimen lebih tinggi daripada nilai yang diperoleh kelas kontrol. Berdasarkan
hasil analisis, diperoleh bahwa hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan
uji normalitas p > 0,05 pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data hasil
posttest eksperimen adalah (0,059 >0,05), dan hasil uji normalitas data hasil
posttest kontrol adalah (0,200 >0,05). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis
teks cerpen adalah p-value > α = 0,05 dengan hasil posttest kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 0,070 > α = 0,05dan uji hipotesis memperoleh nilai
signifikansi 0.045<0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Jadi , dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing
memberikan pengaruh baik daripada model Problem Based Learning terhadap
kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: menulis; cerpen; model snowball throwing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:35
Last Modified: 05 Feb 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59487

Actions (login required)

View Item
View Item