Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Tarigan, Melvi Riahta Br (2024) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311027_Cover.pdf] Text
4203311027_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203311027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of 4203311027_Abstrak.pdf] Text
4203311027_Abstrak.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4203311027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311027_Kata_Pengantar.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of 4203311027_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311027_Daftar_Isi.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4203311027_BAB_I.pdf] Text
4203311027_BAB_I.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 4203311027_BAB_V.pdf] Text
4203311027_BAB_V.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4203311027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (posttest) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 83,89, sedangkan pada kelas Kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,35. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistik nilai (5,189) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan berpikir kritis matematis, Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:14
Last Modified: 05 Feb 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59484

Actions (login required)

View Item
View Item