Tarigan, Melvi Riahta Br (2024) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203311027_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Cover.pdf
Download (13kB)
![[thumbnail of 4203311027_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (902kB)
![[thumbnail of 4203311027_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Abstrak.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 4203311027_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Kata_Pengantar.pdf
Download (853kB)
![[thumbnail of 4203311027_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Daftar_Isi.pdf
Download (336kB)
![[thumbnail of 4203311027_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_BAB_I.pdf
Download (565kB)
![[thumbnail of 4203311027_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_BAB_V.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of 4203311027_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (424kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (posttest) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 83,89, sedangkan pada kelas Kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,35. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistik nilai (5,189) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis matematis, Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59484 |