PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERHITUNGAN DASAR TEKNIK MESIN PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL BESARAN VEKTOR, SISTEM SATUAN DAN HUKUM NEWTON ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS X SMK TRI SAKTI 1 LUBUK PAKAM

Simanjuntak, Maju Saputra (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERHITUNGAN DASAR TEKNIK MESIN PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL BESARAN VEKTOR, SISTEM SATUAN DAN HUKUM NEWTON ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS X SMK TRI SAKTI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 509121029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 509121029 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 509121029 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 509121029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 509121029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 509121029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 509121029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 509121029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 509121029 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 509121029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 509121029 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 509121029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 509121029 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 509121029 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 509121029 LIST OF APPENDDEXES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 509121029 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 509121029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 509121029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 509121029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 509121029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 509121029 REFRENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 509121029 REFRENCES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Perhitungan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Pada Kompetensi Dasar Mengenal Besaran Vektor, Sistem Satuan Dan Hukum Newton Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Tri Sakti 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Tri Sakti 1 Lubuk Pakam yang mengikuti Mata Pelajaran Perhitungan Dasar Teknik Mesin (PDTM) yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian ketiga kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (yang diajar menggunakan model pembelajaran quantum teaching) adalah kelas X TKR1 dengan jumlah 36 orang, dan kelompok Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TKR2 dengan jumlah 36 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PDTM antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan menggunakan model pembelajaran quantum teaching, dimana hasil belajar PDTM kelas ekperimen lebih tinggi dari hasil belajar PDTM kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran quantum teaching) dan kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai thitung (3.347) > ttabel (1.67).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 046
Keywords: Model Pembelajaran; Inkuiri Quantum Teaching; Hasil Belajar Perhitungan Dasar Teknik Mesin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:20
Last Modified: 22 Jun 2016 06:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item
View Item