Simanjuntak, Maju Saputra (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERHITUNGAN DASAR TEKNIK MESIN PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL BESARAN VEKTOR, SISTEM SATUAN DAN HUKUM NEWTON ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS X SMK TRI SAKTI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509121029 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 509121029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM. 509121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 509121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM. 509121029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 509121029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 509121029 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 509121029 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 509121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 509121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 509121029 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Perhitungan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Pada Kompetensi Dasar Mengenal Besaran Vektor, Sistem Satuan Dan Hukum Newton Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Tri Sakti 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Tri Sakti 1 Lubuk Pakam yang mengikuti Mata Pelajaran Perhitungan Dasar Teknik Mesin (PDTM) yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian ketiga kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (yang diajar menggunakan model pembelajaran quantum teaching) adalah kelas X TKR1 dengan jumlah 36 orang, dan kelompok Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TKR2 dengan jumlah 36 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PDTM antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan menggunakan model pembelajaran quantum teaching, dimana hasil belajar PDTM kelas ekperimen lebih tinggi dari hasil belajar PDTM kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran quantum teaching) dan kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai thitung (3.347) > ttabel (1.67).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 046 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inkuiri Quantum Teaching; Hasil Belajar Perhitungan Dasar Teknik Mesin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:20 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5948 |