Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe STAD (Study Team Achievment Division) Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTs Negeri 1 Binjai

Telaumbanua, Lira A (2024) Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe STAD (Study Team Achievment Division) Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTs Negeri 1 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111092_Cover.pdf] Text
4203111092_Cover.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4203111092_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111092_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4203111092_Abstrak.pdf] Text
4203111092_Abstrak.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 4203111092_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111092_Kata_Pengantar.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4203111092_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111092_Daftar_Isi.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 4203111092_BAB_I.pdf] Text
4203111092_BAB_I.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 4203111092_BAB_V.pdf] Text
4203111092_BAB_V.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 4203111092_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111092_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga pada pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Binjai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di MTs Negeri 1 Binjai selama ± 1 bulan, 5 mei – 6 juni 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 32 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 siklus, masing - masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan model pembelajaran Study Team Achievment Division (STAD). Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I, persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 40,625% dimana hasil belajar siswa masih rendah, sedangkan pada siklus II persentase yang mencapai ketuntasan sebesar 87,5% mengalami peningkatan. Pada siklus II dinyatakan berhasil dikarenakan telah mencapai KKM 70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Study Team Achievment menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan, Komunikasi Matematis, Study Team Achievment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:08
Last Modified: 05 Feb 2025 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59477

Actions (login required)

View Item
View Item