Telaumbanua, Lira A (2024) Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe STAD (Study Team Achievment Division) Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTs Negeri 1 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203111092_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Cover.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 4203111092_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (418kB)
![[thumbnail of 4203111092_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Abstrak.pdf
Download (679kB)
![[thumbnail of 4203111092_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Kata_Pengantar.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of 4203111092_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Daftar_Isi.pdf
Download (528kB)
![[thumbnail of 4203111092_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_BAB_I.pdf
Download (664kB)
![[thumbnail of 4203111092_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_BAB_V.pdf
Download (474kB)
![[thumbnail of 4203111092_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203111092_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga pada pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Binjai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di MTs Negeri 1 Binjai selama ± 1 bulan, 5 mei – 6 juni 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 32 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 siklus, masing - masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan model pembelajaran Study Team Achievment Division (STAD). Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I, persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 40,625% dimana hasil belajar siswa masih rendah, sedangkan pada siklus II persentase yang mencapai ketuntasan sebesar 87,5% mengalami peningkatan. Pada siklus II dinyatakan berhasil dikarenakan telah mencapai KKM 70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Study Team Achievment menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan, Komunikasi Matematis, Study Team Achievment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:08 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59477 |