Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung Morawa

Simorangkir, Kristina Damai Yanti (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202311003_Cover.pdf] Text
2202311003_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2202311003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202311003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202311003_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202311003_Kata_Pengantar.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 2202311003_Daftar_Isi.pdf] Text
2202311003_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2202311003_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202311003_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 2202311003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202311003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2202311003_BAB_I.pdf] Text
2202311003_BAB_I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 2202311003_BAB_V.pdf] Text
2202311003_BAB_V.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2202311003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202311003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan menulis teks editorial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung Morawa yang berjumlah 7 kelas. Sampel diambil secara acak, maka dapat kelas XII IPA 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah uji kemampuan menulis teks editorial. Pengukuran data dilakukan sebanyak dua kali yaitu pengukuran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks editorial pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung Morawa dalam menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry diperoleh nilai rata-rata 80,71, standar deviasi 9,72 dan pada model pembelajaran konvensional diperoleh dengan nilai rata-rata 63,05, standar deviasi 13,15. Hal ini terlihat dalam uji normalitas, model pembelajaran jurisprudential inquiry adalah Lhitung < Ltabel, yaitu 0,205 < 0,337. Kemudian pada model pembelajaran konvesional Lhitung < Ltabel yaitu 0,192 < 0,319. Karena Lhitung lebih kecil daripada Ltabel, maka kedua data diatas disebut berdistribusi normal. Demikian juga dari hasil uji homogenitas data adalah Fhitung < Ftabel yakni 0,54 < 0,56, maka data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, maka dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel dengan hasil uji hipotesis 6,35 dan signifikasi a = 0,05 dan df = 35+34-2 = 67 maka pada tarafnya 5% diperoleh ttabel = 1,99601. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yakni 6,35 > 1,99601, maka di dapat hipotesis
nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran jurisprudential inquiry lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks editorial siswa kelas XII SMA Negeri 2 Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry; Teks Editorial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:09
Last Modified: 05 Feb 2025 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59463

Actions (login required)

View Item
View Item