Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar

Gultom, Imelda Amelia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dalam Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192411020_Cover.pdf] Text
2192411020_Cover.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 2192411020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192411020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2192411020_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192411020_Kata_Pengantar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 2192411020_Daftar_Isi.pdf] Text
2192411020_Daftar_Isi.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 2192411020_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192411020_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 2192411020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2192411020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 2192411020_BAB_I.pdf] Text
2192411020_BAB_I.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 2192411020_BAB_V.pdf] Text
2192411020_BAB_V.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 2192411020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192411020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Reflektif terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa/I kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam penulisan teks cerita pendek dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yakni Reflektif, merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa memaknai sendiri dari pengalaman yang dilakukan dan akan
dituangkan dalam bentuk cerita pendek. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 60 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Masing-masing kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki jumlah yang sama yaitu 30 siswa di setiap kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah two group post-test only design. Kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 67,66 dengan simpangan baku 5,832 serta pada kelas eksperimen
menunjukan nilai rata-rata 80,6 dengan simpangan baku 6,914. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji t. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh
bahwa thitung > ttabel 7,926 > 2,45. Dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang menyatakan terdapat peningkatan kemampuan menulis cerita pendek melalui model pembelajaran Reflektif pada kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Reflektif; Menulis; Cerita Pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:03
Last Modified: 05 Feb 2025 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59460

Actions (login required)

View Item
View Item