Siregar, Hendra Pardamean (2016) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ALAT UKUR PRESISI SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5102121004 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM.5102121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM.5102121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM.5102121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM.5102121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM.5102121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM.5102121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.5102121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM.5102121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM.5102121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM.5102121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kepercayaan Diri Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Alat Ukur Presisi Siswa Kelas X SMK N 5 Medan Program Keahlian Teknik Pemesinan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK N 5 Medan yang terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas X TPM 1 berjumlah 25 orang dan kelas X TPM 2 berjumlah 24 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan metode total sampling yaitu sebanyak 49 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk variabel kepercayaan diri dan disiplin belajar sedangkan untuk hasil belajar mata diklat alat ukur presisi diambil dari tes kompetensi. Jumlah instrumen yang diujicobakan Kepercayaan diri dan Disiplin Belajar sebanyak 35 butir. Pada angket Kepercayaan diri terdapat 26 butir yang valid dengan reabilitas 0,584 tegolong sedang, untuk angket disiplin belajar terdiri dari 25 butir yang valid dengan reabilitas 0,352 tergolong rendah sedangkan untuk tes hasil belajar alat ukur presisi terdiri dari 35 butir tes dan terdapat 25 butir tes yang valid dengan reabilitas 0,805 tergolong sangat tinggi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa: terdapat hubungan yang posotif dan berarti antara kepercayaan diri denag hasil belajar mata diklat alat ukurpresisi ( r = 0,601). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat alat ukur presisi ( r = 0,712).hasil analisi menunjukan bahwa koefisien determinasi antara kepercayaan diri dan disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat alat ukur presisi sebesar R2y1,2 = 0,32. Ringkasan hasil analisis regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 7,93 harga Ft = 3,29 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (0,793 > 0,319), bahwa persamaan regresi Ŷ = 800,721 + 0,0124 X1 + 0,055 X2 dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar dengan hasil belajar mata dikla alat ukur presisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 023 |
Keywords: | Kepercayaan Diri; Disiplin Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 05:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5946 |