PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Manullang, Lastarida Christanti Gloria (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111044_Cover.pdf] Text
4203111044_Cover.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 4203111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203111044_Abstrak.pdf] Text
4203111044_Abstrak.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4203111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4203111044_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111044_Daftar_Isi.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 4203111044_BAB_I.pdf] Text
4203111044_BAB_I.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 4203111044_BAB_V.pdf] Text
4203111044_BAB_V.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 4203111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Gimkit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII di SMAS Prayatna Medan. Sampel dari penelitian diperoleh dengan teknik pengambilan sampel acak berklaster yaitu mengambil sampel secara acak yang diambil secara berkelompok sehingga yang diperhatikan adalah kelompok sampel bukan karakteristik sampel secara individu. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 1 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah True Experimental Desaign. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes soal berbentuk essay berjumlah 2 soal. Data yang diperoroleh kemudian dianalisis menggunakan uji analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data angket dan juga posttest kelas eskperimen dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,0 dan nilai t-hitung > t-tabel (5,011 > 1,70113) maka dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning berbantuan Gimkit berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMAS Prayatna Medan dengan besar pengaruh yaitu 47,3% yang diperoleh dari koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, model pembelajaran Problem Based Learning, Gimkit, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:05
Last Modified: 04 Feb 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59453

Actions (login required)

View Item
View Item