Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan

Sormin, Enjelita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411022_Cover.pdf] Text
2202411022_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 2202411022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2202411022_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411022_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2202411022_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411022_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 2202411022_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411022_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 2202411022_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202411022_Daftar_Gambar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2202411022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 2202411022_BAB_I.pdf] Text
2202411022_BAB_I.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 2202411022_BAB_V.pdf] Text
2202411022_BAB_V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 2202411022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan
yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling dan dari teknik tersebut diperoleh 2 sampel yaitu kelas XI MIA-2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
MIA-5 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Dari pengumpulan dan pengolahan data yang telah dilakukan menunjukan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan dengan menggunakan
model pembelajaran Case Based Learning memperoleh nilai rata-rata 80,83, dengan standar deviasi 7,87 dan standar error 1,46. Sedangkan pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata
67,081, standar deviasi 9,87 dan standar error 1,83. Selain itu, dilihat dari hasil uji normalitas model pembelajaran Case Based Learning dengan ketentuan Lhitung<Ltabel, memperoleh hasil yaitu 0,137<0,161. Kemudian pada model
pembelajaran konvensional dengan ketentuan yang sama memperoleh hasil yaitu 0,124<0,161 karena Lhitung lebih kecil daripada Ltabel maka, kedua data di atas disebut berdistribusi normal. Demikian juga dari hasil uji homogenitas data dengan ketentuan Fhitung<Ftabel memperoleh hasil yaitu 0,51<0,53 maka, data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji
homogenitas maka selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Dari pengujian hipotesis dengan ketentuan Thitung>Ttabel diperoleh hasil yaitu 5,85>2,00172 maka, hal tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
hasil uji hipotesis tersebut maka, membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Case Based Learning; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:59
Last Modified: 05 Feb 2025 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59446

Actions (login required)

View Item
View Item