Sormin, Enjelita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202411022_Cover.pdf
Download (235kB)
2202411022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
2202411022_Kata_Pengantar.pdf
Download (120kB)
2202411022_Daftar_Isi.pdf
Download (236kB)
2202411022_Daftar_Tabel.pdf
Download (206kB)
2202411022_Daftar_Gambar.pdf
Download (202kB)
2202411022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (205kB)
2202411022_BAB_I.pdf
Download (707kB)
2202411022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (853kB)
2202411022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
2202411022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2202411022_BAB_V.pdf
Download (259kB)
2202411022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (354kB)
2202411022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan
yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling dan dari teknik tersebut diperoleh 2 sampel yaitu kelas XI MIA-2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
MIA-5 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Dari pengumpulan dan pengolahan data yang telah dilakukan menunjukan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan dengan menggunakan
model pembelajaran Case Based Learning memperoleh nilai rata-rata 80,83, dengan standar deviasi 7,87 dan standar error 1,46. Sedangkan pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata
67,081, standar deviasi 9,87 dan standar error 1,83. Selain itu, dilihat dari hasil uji normalitas model pembelajaran Case Based Learning dengan ketentuan Lhitung<Ltabel, memperoleh hasil yaitu 0,137<0,161. Kemudian pada model
pembelajaran konvensional dengan ketentuan yang sama memperoleh hasil yaitu 0,124<0,161 karena Lhitung lebih kecil daripada Ltabel maka, kedua data di atas disebut berdistribusi normal. Demikian juga dari hasil uji homogenitas data dengan ketentuan Fhitung<Ftabel memperoleh hasil yaitu 0,51<0,53 maka, data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji
homogenitas maka selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Dari pengujian hipotesis dengan ketentuan Thitung>Ttabel diperoleh hasil yaitu 5,85>2,00172 maka, hal tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
hasil uji hipotesis tersebut maka, membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran; Case Based Learning; Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:59 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 04:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59446 |
