PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL INTERAKTIF

Dewantara, Ki Hajar (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL INTERAKTIF. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111113_Cover.pdf] Text
4203111113_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203111113_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111113_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4203111113_Abstrak.pdf] Text
4203111113_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4203111113_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111113_Kata_Pengantar.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 4203111113_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111113_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4203111113_BAB_I.pdf] Text
4203111113_BAB_I.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4203111113_BAB_V.pdf] Text
4203111113_BAB_V.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4203111113_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111113_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunan model penemuan terbimbimbing berbantuan e-modul interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan model penemuan terbimbing berbantuan e-modul interaktif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 33 peserta didik. Prosedur penelitian ini yang pertama adalah memberi tes awal kepada peserta didik, guna untuk melihat kemampuan pemahaman konsep awal peserta didik, yang kedua melaksanakan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing berbantuan e-modul interaktif dengan materi segi empat. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan proses pengajaran sebanyak 4 kali pertemuan, di mana setelah 2 pertemuan tiap siklus diberikan tes pemahaman konsep untuk melihat kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan oleh validator. Pada tes awal, kemampuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kategori kurang sekali dengan rata-rata 29, di mana tidak ada peserta didik yang mengalami tingkat ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan siklus I tingkat kemampuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kategori kurang dengan rata-rata 57,93 dan 5 peserta didik (15,15%) mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada pelaksanaan siklus II tingkat kemampuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata 87,31 dan 30 peserta didik (90,90%) mencapai kriteria ketuntasan. Nilai G pada indeks gain berada pada 0,70035 dengan kategori tinggi, begitu juga keseluruhan kriteria indikator pemahaman konsep dan observasi berada pada kategori baik (61-80%). Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penggunan model penemuan terbimbing berbantuan e-modul interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peningkatan, pemahaman konsep, penemuan terbimbing, e-modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:42
Last Modified: 04 Feb 2025 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59426

Actions (login required)

View Item
View Item