PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BINJAI TAHUN AJARAN 2022/2023

KINASIH, SRI KINTAN (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BINJAI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1181151006_Cover.pdf] Text
1181151006_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 1181151006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1181151006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 1181151006_Abstrak.pdf] Text
1181151006_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1181151006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1181151006_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1181151006_Daftar_Isi.pdf] Text
1181151006_Daftar_Isi.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1181151006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1181151006_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1181151006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1181151006_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1181151006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1181151006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1181151006_BAB_I.pdf] Text
1181151006_BAB_I.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 1181151006_BAB_V.pdf] Text
1181151006_BAB_V.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1181151006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1181151006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik
Sosiodrama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Binjai Tahun Ajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi Experiment dengan
metode times series. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII
yang memiliki Hubungan Interpersonal yang rendah. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan angket Hubungan Interpersonal yang
berjumlah 50 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan
sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Analisis data yang
digunakan adalah dengan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada
pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik
sosiodrama terhadap Hubungan Interpersonal siswa. Hasil dari pre-test diperoleh
hasil sebesar 480 dan skor post-test (sesudah diberi layanan Bimbingan kelompok
teknik Sosiodrama) yang kelima adalah sebesar 714. Artinya bahwa seluruh
subjek atau responden mengalami peningkatan Hubungan Interpersonal sebesar
32,77%. Kemudian untuk skor rata-rata keseluruhan pre-test diperoleh 60 dan
skor rata-rata post-test kelima sebesar 89,25. Dengan demikian keseluruhan
subjek atau responden mengalami rata-rata peningkatan kepercayaan diri sebesar
32,77% Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon nilai Jhitung = 36 dengan α = 0.05
dan n = 8 sehingga nilai Jtabel adalah 4. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa
Jhitung > Jtabel yang dimana 6 >4. sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan
hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dari perhitungan ini
dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok ekperimen artinya diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok teknik
Sosiodrama terhadap Hubungan Interpersonal Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7
Binjai Tahun Ajaran 2022/2023” .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Hubungan Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:11
Last Modified: 04 Feb 2025 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59422

Actions (login required)

View Item
View Item