PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN

Siregar, Khoirunnisa (2024) PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111104_Cover.pdf] Text
4203111104_Cover.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203111104_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111104_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of 4203111104_Abstrak.pdf] Text
4203111104_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4203111104_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111104_Daftar_Isi.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4203111104_BAB_I.pdf] Text
4203111104_BAB_I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4203111104_BAB_V.pdf] Text
4203111104_BAB_V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4203111104_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111104_Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah dan non-tes berupa angket self directed learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 320 orang dan sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 28 orang, pemilihan subjek menggunakan teknik sampling. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh self-direct learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara signifikan dengan materi Teorema Pythagoras. Model regresi linier sederhana yang terbentuk adalah � ̂ = 1.718 + 0.075X yang menunjukkan bahwa self-directed learning memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Besarnya pengaruh adalah 27,1%, bahwa prosentase kontribusi pengaruh self directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 27,1% dan sisanya sebesar 72,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Sir p
Keywords: Self directed learning; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 May 2025 06:20
Last Modified: 27 May 2025 06:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59417

Actions (login required)

View Item
View Item