PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 PARMONANGAN

Batubara, Jhony Rizky Alexander (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 PARMONANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111060_Cover.pdf] Text
4203111060_Cover.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 4203111060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of 4203111060_Abstrak.pdf] Text
4203111060_Abstrak.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4203111060_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111060_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4203111060_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111060_Daftar_Isi.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4203111060_BAB_I.pdf] Text
4203111060_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4203111060_BAB_V.pdf] Text
4203111060_BAB_V.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 4203111060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 1 Parmonangan. Jenis penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Parmonangan yang terdiri dari 3 kelas. Adapun sampel penelitian adalah dua kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas VIII-A menjadi kelas eksperimen A dengan Pendekatan Matematika Realistik dan siswa kelas VIII-B menjadi kelas eksperimen B dengan Pendekatan Kontekstual yang mana masing-masing kelas terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis instrumen posttest berbentuk uraian terdiri dari 3 soal yang telah divalidasi. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A sebesar 83,33 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata posttest sebesar 73,87. Sebelum melakukan uji hipotesis, langkah awal yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah diuji terbukti bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogeny. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. dari hasil posttest diperoleh �ℎ�����=2,72>������=1,67. Dengan demikian �0 ditolak dan �1 diterima, sehingga kemampuan literasi matematis siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik daripada kemampuan literasi matematis siswa dengan Pendekatan Kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi, Realistik, Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:33
Last Modified: 04 Feb 2025 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59410

Actions (login required)

View Item
View Item