Manalu, Johanes Saputra (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
5. NIM 5103121018 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
1. NIM 5103121018 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 510312108 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM 5103121018 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 5103121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 5103121018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 5103121018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 5103121018 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 5103121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM 5103121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 5103121018 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X TP SMK N 1 Balige dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Inkuiri sedangkan subjeknya adalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri meningkat dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pada data awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 49,56 dan jumlah persentase keberhasilan klasikal hanya mencapai 13,04%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas 63,04 dan persentase keberhasilan klasikal 47,82%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 73,91. Jumlah persentase keberhasilan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 86,95%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X TP SMK N 1 Balige tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 053 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar;Menggambar Teknik Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:14 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5939 |