Cristy, Thessalonica (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI SMAS PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202411004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Cover.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 4202411004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (630kB)
![[thumbnail of 4202411004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Abstrak.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of 4202411004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (793kB)
![[thumbnail of 4202411004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Daftar_Isi.pdf
Download (646kB)
![[thumbnail of 4202411004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_BAB_I.pdf
Download (712kB)
![[thumbnail of 4202411004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_BAB_V.pdf
Download (518kB)
![[thumbnail of 4202411004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (522kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari penerapan metode pembelajaran yang mengakomodasi siswa untuk belajar sesuai dengan karakter, minat, dan bakatnya yang bersesuaian dengan tujuan pendidikan di Indonesia yaitu penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kurikulum merdeka yang dilakuakan di sekolah tingkat menengah atas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kombinasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS PAB 8 Saentis dengan jumlah 50 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan di SMAS PAB 8 Saentis terdiri dari diferensiasi konten yang dalam penerapannya mencapai 75%, diferensiasi proses mencapai 73.3%, dan diferensiasi produk mencapai 79.9%. Melalui analisis yang dilakukan, maka diperoleh hasil Diferensiasi konten yang dilakukan di kelas XI SMAS PAB 8 Saentis disesuaikan dengan lingkungan belajar peserta didik, penerapan diferensiasi proses disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik, penerapan diferensiasi produk dilakukan dalam hal asesmen dan penilaian hasil belajar. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa guru dapat memandang siswa sebagai pribadi yang unik dengan berbagai minat dan karakter sesuai dnegan filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Saran yang ditawarkan adalah agar penelitian yang serupa memiliki rentang waktu pelaksanaan yang cukup sehingga hasil dapat terlihat lebih detail dan komprehensif. Saran bagi guru juga untuk mampu mengatur waktu pembelajaran agar efisien dan efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi, Penerapan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 09:26 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59367 |