PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Sirait, Tara Anastasia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111097_Cover.pdf] Text
4203111097_Cover.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4203111097_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111097_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203111097_Abstrak.pdf] Text
4203111097_Abstrak.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 4203111097_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111097_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203111097_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111097_Daftar_Isi.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 4203111097_BAB_I.pdf] Text
4203111097_BAB_I.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 4203111097_BAB_V.pdf] Text
4203111097_BAB_V.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 4203111097_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111097_Daftar_Pustaka.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi dapat meningkatkan pemahahaman konsep matematis siswa pada materi dimensi tiga di kelas XII IPA- 3 SMA Negeri 1 Silima Pungga – Pungga. Siswa kelas XII IPA – 3 sebanyak 32 siswa subjek dari penelitian ini dan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi dimensi tiga dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi merupakan objek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes berupa tes kemampuan literasi matematis dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil analisis data diperoleh pada siklus 1 nilai rata- rata kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 70,208 dengan 14 siswa (43,75%) yang tuntas lalu meningkat pada siklus 2 diperoleh rata- rata 85, 2501 dengan 28 siswa (87,5%) yang tuntas. Serta aktivitas siswa dilihat dari hasil observasi juga meningkat, yang mana pada presentasi aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 56, 11% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus 2 mencapai 76, 17% dengan kategori aktif. Maka, dari hasil tersebut diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat di setiap siklusnya, minimal 85% siswa dikelas mencapai skor kemampuan literasi matematis ≥ 75. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi dimensi tiga di kelas XII IPA- 3 SMA Negeri 1 Silima Pungga – Pungga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Video animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 09:15
Last Modified: 31 Jan 2025 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59366

Actions (login required)

View Item
View Item