PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS MANUNGGAL BANDAR KHALIPAH

Mawaddah, Syafitri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS MANUNGGAL BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111008_Cover.pdf] Text
4202111008_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4202111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4202111008_Abstrak.pdf] Text
4202111008_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4202111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4202111008_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111008_Daftar_Isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4202111008_BAB_I.pdf] Text
4202111008_BAB_I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4202111008_BAB_V.pdf] Text
4202111008_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4202111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Discovery Learning mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Manunggal Bandar Khalipah ketika mempelajari aritmatika sosial pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa merupakan variabel terikat, sedangkan penggunaan model Discovery Learning merupakan variabel bebas. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs Manunggal Bandar Khalipah dimana sampel kelas VII-A diberikan model Discovery Learning, sedangkan sampel kelas VII-B diberikan model konvensional. Berdasarkan hasil pre-test, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 45,17, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 41,78. Setelah nya , kelompok kontrol mendapat nilai post-test 68,91, sedangkan kelas eksperimen mendapat nilai 82,83. Dalam hasil hipotesis uji t satu pihak menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ (5,491 > 1,680), maka �0 ditolak karena �� diterima. Hal ini menunjukkan bagaimana model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Manunggal Bandar Khalipah tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir, Kritis, Discovery, Learning, Konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:55
Last Modified: 31 Jan 2025 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59363

Actions (login required)

View Item
View Item