PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP CAHAYA PENGHARAPAN ABADI

Panjaitan, Sutrisna Ernawaty (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP CAHAYA PENGHARAPAN ABADI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311049_Cover.pdf] Text
4183311049_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4183311049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4183311049_Abstrak.pdf] Text
4183311049_Abstrak.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4183311049_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311049_Kata_Pengantar.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 4183311049_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311049_Daftar_Isi.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4183311049_BAB_I.pdf] Text
4183311049_BAB_I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4183311049_BAB_V.pdf] Text
4183311049_BAB_V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 4183311049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Cahaya Pengharapan Abadi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu dilakukan tes awal dan di akhir siklus dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dari tes awal siklus I ke siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 3,33% tuntas dengan rata-rata kelas 37,55. Dilanjutkan pada tes di siklus I diperoleh peningkatan secara klasikal 43,33% dengan nilai rata-rata kelas 63,89. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai secara klasikal 86,67% yang mana terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 78,56. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui persentase klasikal dan keberagaman proses jawaban siswa melalui langkah-langkan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:49
Last Modified: 31 Jan 2025 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59362

Actions (login required)

View Item
View Item