PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATEMATIKA BERBANTUAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Tambunan, Indah Stefany (2024) PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATEMATIKA BERBANTUAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111001_Cover.pdf] Text
4203111001_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4203111001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203111001_Abstrak.pdf] Text
4203111001_Abstrak.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4203111001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111001_Kata_Pengantar.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4203111001_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111001_Daftar_Isi.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4203111001_BAB_I.pdf] Text
4203111001_BAB_I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 4203111001_BAB_V.pdf] Text
4203111001_BAB_V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203111001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Matematika merupakan ratu dari ilmu pendidikan karena merupakan ilmu yang mendasari semua ilmu pendidikan, baik perkembangan teknologi modern, berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu, dan mengembangkan kemampuan berpikir manusia. Pandangan bahwa matematika adalah ilmu yang melatih cara berpikir. Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) adalah suatu model pembelajaran atau yang berpusat pada siswa. Pada model ini, guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung kognitif siswa. Media Teka-teki silang matematika adalah salah satu permainan yang dapat mendukung proses pembelajaran agar lebih bervariasi, menyenangkan, dan menarik. Permainan ini dapat mengasah kemampuan otak siswa sehingga siswa lebih cepat menangkap topik pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media teka-teki silang yang dikembangkan. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Balige yang berlokasi di Jl. Kartini, Sangkar Ni Huta. Adapun waktu pelaksanaan panelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini merupakan murid kelas VII SMP Negeri 4 Balige. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berupa media teka-teki silang matematika berabtuan Brain Based Learning. Media teka-teki silang matematika berbantuan Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dinyatakan sangat valid dengan nilai 82,72% dan berkategori sangat valid. Media teka-teki silang matematika berbantuan Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 96,14% dan berkategori sangat praktis. Media teka-teki silang matematika berbantuan Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya indikator berpikir kritis siswa pada indikator 1, 2, dan 3 dengan jumlah siswa yang tuntas 96,87% siswa yang mengikuti pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan N-Gain dengan peningkatan 0,71 dan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Teka-teki Silang Matematika, Brain Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:47
Last Modified: 31 Jan 2025 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59352

Actions (login required)

View Item
View Item