PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI

Purba, Icha Novalia (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111066_Cover.pdf] Text
4203111066_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4203111066_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111066_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 4203111066_Abstrak.pdf] Text
4203111066_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203111066_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111066_Kata_Pengantar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203111066_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111066_Daftar_Isi.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4203111066_BAB_I.pdf] Text
4203111066_BAB_I.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4203111066_BAB_V.pdf] Text
4203111066_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203111066_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111066_Daftar_Pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-modul untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil T.A. 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII B dengan objek penelitian berupa e-modul matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-modul untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 92,2 % yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru 98,75% dan persentase angket respon Peserta didik 84,25 % yang keduanya tergolong pada kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori peningkatan sedang. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, SAVI, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:44
Last Modified: 31 Jan 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59351

Actions (login required)

View Item
View Item