Purba, Icha Novalia (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203111066_Cover.pdf
Download (35kB)
4203111066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (561kB)
4203111066_Abstrak.pdf
Download (10kB)
4203111066_Kata_Pengantar.pdf
Download (205kB)
4203111066_Daftar_Isi.pdf
Download (30kB)
4203111066_BAB_I.pdf
Download (273kB)
4203111066_BAB_V.pdf
Download (84kB)
4203111066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (146kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-modul untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa pada semester ganjil T.A. 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII B dengan objek penelitian berupa e-modul matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-modul untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 92,2 % yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru 98,75% dan persentase angket respon Peserta didik 84,25 % yang keduanya tergolong pada kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori peningkatan sedang. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, SAVI, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:44 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59351 |