Ginting, Hanna Marcela (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK–TALK–WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111048_Cover.pdf
Download (101kB)
4193111048_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
4193111048_Abstrak.pdf
Download (205kB)
4193111048_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
4193111048_Daftar_Isi.pdf
Download (109kB)
4193111048_BAB_I.pdf
Download (398kB)
4193111048_BAB_V.pdf
Download (143kB)
4193111048_Daftar_Pustaka.pdf
Download (140kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan Self Efficacy siswa kelas X SMA dan untuk mengetahui peningkatan Self Efficacy siswa kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir setelah menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada akhir setiap siklus peneliti memberikan tes dan angket untuk mengukur sejauh mana kemampuan Self Efficacy siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 STM Hilir yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan Self Efficacy siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi Sistem Pertidaksamaan Linear. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan Self Efficacy siswa pada siklus I, diperoleh bahwa hanya 19 siswa (63%) yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu siswa memperoleh skor ≥70 dengan kriteria baik ke atas. Dari hasil tersebut, dinyatakan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum mencapai kriteria minimal ≥85% (banyak siswa yang kemampuan self efficacynya minimal kriteria baik ke atas mencapai 85%). Setelah tindakan II diperoleh terdapat 28 siswa (93%) yang telah memenuhi standar kemampuan self efficacy yang telah ditentukan yaitu memperoleh skor ≥70. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 19 siswa atau (30%) dan berdasarkan hasil tersebut maka persentase ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan. Rata-rata indikator pada tes kemampuan self efficacy siklus I yaitu 64,9 dan meningkat menjadi 87,6 pada siklus II sehingga diperoleh peningkatan rata-rata kemampuan self efficacy siswa sebesar 22,7. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa Self Efficacy siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada materi Sistem Pertidaksamaan Linear di kelas X-4 SMA Negeri 1 STM Hilir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Think-Talk-Write, Self Efficacy, Peningkatan Self Efficacy Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59345 |