THE APPLICATION OF REALISTIC APPROACH TO IMPROVE THE MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITIES OF GRADE VIII AT SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI

Sihombing, Gresi Yolanda (2024) THE APPLICATION OF REALISTIC APPROACH TO IMPROVE THE MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITIES OF GRADE VIII AT SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111065_Cover.pdf] Text
4203111065_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4203111065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4203111065_Abstrak.pdf] Text
4203111065_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203111065_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111065_Kata_Pengantar.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4203111065_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111065_Daftar_Isi.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 4203111065_BAB_I.pdf] Text
4203111065_BAB_I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4203111065_BAB_V.pdf] Text
4203111065_BAB_V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4203111065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan pendekatan realistik pada materi peluang. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada tes awal, hanya 1 siswa (2,2%) yang mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata skor kemampuan siswa berada dalam kategori sangat rendah. (2) Pada Siklus I, terjadi peningkatan, dengan 18 siswa (50%) mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata skor kemampuan siswa adalah 64,5 dengan tingkat kemampuan dalam kategori rendah. (3) Pada Siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut, dengan 32 siswa (88,9%) mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata skor kemampuan siswa adalah 83,1 dengan tingkat kemampuan dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, pendekatan realistik, peluang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:05
Last Modified: 31 Jan 2025 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59342

Actions (login required)

View Item
View Item