PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BATAK TOBA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 DOLOKSANGGUL

Pane, Gilberd M. Sitorus (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BATAK TOBA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111013_Cover.pdf] Text
4203111013_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4203111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4203111013_Abstrak.pdf] Text
4203111013_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4203111013_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111013_Daftar_Isi.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 4203111013_BAB_I.pdf] Text
4203111013_BAB_I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4203111013_BAB_V.pdf] Text
4203111013_BAB_V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4203111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah LKPD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research dan development) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Tahapan pada 4D ini yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini, memanfaatkan etnomatematika dengan menggunakan budaya Batak Toba. Intrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli budaya, lembar kepraktisan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis etnomatematika budaya Batak Toba pada materi transformasi geometri siswa kelas IX SMP Negeri 4 Doloksanggul dinyatakan (1) valid, dengan persentase rata-rata ahli materi sebesar 73,33 % ternasuk dalam kategori valid, untuk persentase rata-rata ahli media sebesar 76,35% termasuk dalam kategori valid, dan persentase ahli budaya diperoleh sebesar 92% termasuk dalam kategori sangat valid. (2) praktis, berdasarkan persentase angket kepraktisan oleh guru sebesar 95,38% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. (3)efektif, hal ini ditunjukkan dengan persentase respon peserta didik sebesar 87,93% termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan kelas sebesar 87,50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Etnomatematika, Batak Toba, Transformasi Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:00
Last Modified: 31 Jan 2025 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59341

Actions (login required)

View Item
View Item