ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Nadeak, Friska Laura (2024) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311023_Cover.pdf] Text
4193311023_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4193311023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193311023_Abstrak.pdf] Text
4193311023_Abstrak.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 4193311023_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311023_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4193311023_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311023_Daftar_Isi.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4193311023_BAB_I.pdf] Text
4193311023_BAB_I.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of 4193311023_BAB_V.pdf] Text
4193311023_BAB_V.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 4193311023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan penerapan Model RME lebih baik dari kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model PBL pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 8 Medan T.A 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas VIII yang melibatkan 10 kelas, sehingga dipilih dua kelas secara acak,
yaitu kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa yang diberi perlakuan menggunakan model
RME menjadi kelas eksperimen I dan kelas VIII-7 sebanyak 30 siswa yang diberi
perlakuan menggunakan model PBL menjadi kelas eksperimen II. Instrumen yang
dipakai pada penelitian ini adalah posttest 4 soal essay yang divalidasi oleh ahli.
Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,43 sedangkan
kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata nilai posttest kelas sebesar 77,36.
Hasil analisis menunjukkan bahwa data posttest berdistribusi normal dan homogen.
Selesai dilakukan pengujian hipotesis diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 1,882 >
1,699. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, akhirnya disimpulkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model RME lebih baik dari
kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Matematis Siswa, Realistic Mathematics Education (RME) , Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:57
Last Modified: 31 Jan 2025 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59338

Actions (login required)

View Item
View Item