Nadeak, Friska Laura (2024) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311023_Cover.pdf
Download (5MB)
4193311023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (208kB)
4193311023_Abstrak.pdf
Download (452kB)
4193311023_Kata_Pengantar.pdf
Download (5MB)
4193311023_Daftar_Isi.pdf
Download (393kB)
4193311023_BAB_I.pdf
Download (665kB)
4193311023_BAB_V.pdf
Download (670kB)
4193311023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (538kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan penerapan Model RME lebih baik dari kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model PBL pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 8 Medan T.A 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas VIII yang melibatkan 10 kelas, sehingga dipilih dua kelas secara acak,
yaitu kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa yang diberi perlakuan menggunakan model
RME menjadi kelas eksperimen I dan kelas VIII-7 sebanyak 30 siswa yang diberi
perlakuan menggunakan model PBL menjadi kelas eksperimen II. Instrumen yang
dipakai pada penelitian ini adalah posttest 4 soal essay yang divalidasi oleh ahli.
Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,43 sedangkan
kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata nilai posttest kelas sebesar 77,36.
Hasil analisis menunjukkan bahwa data posttest berdistribusi normal dan homogen.
Selesai dilakukan pengujian hipotesis diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 1,882 >
1,699. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, akhirnya disimpulkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model RME lebih baik dari
kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan Model PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Matematis Siswa, Realistic Mathematics Education (RME) , Problem Based Learning (PBL). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59338 |