Sitorus, Fernando (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201111007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Cover.pdf
Download (16kB)
![[thumbnail of 4201111007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4201111007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Abstrak.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 4201111007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (773kB)
![[thumbnail of 4201111007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Daftar_Isi.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 4201111007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_BAB_I.pdf
Download (642kB)
![[thumbnail of 4201111007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_BAB_V.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 4201111007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Asisi Siantar T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pre-test 39,44 dan post-test 78,75. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol saat pre-test 38,61 dan post-test 69,72. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi program linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sit p |
Keywords: | Media pembelajaran; Edutainment; Komunikasi matematis; Program linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:45 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59336 |