PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA

Sitorus, Fernando (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111007_Cover.pdf] Text
4201111007_Cover.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 4201111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4201111007_Abstrak.pdf] Text
4201111007_Abstrak.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4201111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 4201111007_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111007_Daftar_Isi.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4201111007_BAB_I.pdf] Text
4201111007_BAB_I.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 4201111007_BAB_V.pdf] Text
4201111007_BAB_V.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4201111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Asisi Siantar T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pre-test 39,44 dan post-test 78,75. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol saat pre-test 38,61 dan post-test 69,72. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi program linear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sit p
Keywords: Media pembelajaran; Edutainment; Komunikasi matematis; Program linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:45
Last Modified: 26 May 2025 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59336

Actions (login required)

View Item
View Item