PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK

Nabila, Fathiyah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111051_Cover.pdf] Text
4193111051_Cover.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4193111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of 4193111051_Abstrak.pdf] Text
4193111051_Abstrak.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 4193111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of 4193111051_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111051_Daftar_Isi.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4193111051_BAB_I.pdf] Text
4193111051_BAB_I.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 4193111051_BAB_V.pdf] Text
4193111051_BAB_V.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4193111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
TTW lebih baik pengaruhnya daripada model pembelajaran biasa terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X, serta untuk mengetahui apakah
ketuntasan klasikal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TTW lebih
baik daripada ketuntasan klasikal siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran biasa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain
penelitiannya berupa pre-test post-test only control design. Sampel penelitian
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran TTW dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol
yang menerima model pembelajaran biasa. Data dikumpulkan melalui pembagian
soal pre-test dan post-test berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t
Independent Sample T-test dan uji proporsi. Hasil analisis uji-t menunjukkan
bahwa nilai ( ) ( ), sehingga ditolak dan
diterima, dari hasil uji proporsi diperoleh nilai ( ) ( ), sehingga
ditolak dan diterima, ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TTW
lebih baik pengaruhnya daripada model pembelajaran biasa terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas X. Selain itu, ketuntasan klasikal siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran TTW lebih baik daripada ketuntasan
klasikal siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis, Ketuntasan Klasikal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:41
Last Modified: 31 Jan 2025 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59335

Actions (login required)

View Item
View Item