Rahmadani, Fannisa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4172111029_Cover.pdf
Download (73kB)
4172111029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (160kB)
4172111029_Abstrak.pdf
Download (154kB)
4172111029_Kata_Pengantar.pdf
Download (131kB)
4172111029_Daftar_Isi.pdf
Download (146kB)
4172111029_BAB_I.pdf
Download (309kB)
4172111029_BAB_V.pdf
Download (195kB)
4172111029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada siswa kelas VIII MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024, dengan melihat apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi peneltian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Medan yang berjumlah 14 kelas. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini ialah kelas VIII-2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model problem based learning dan kelas VIII-3 berjumlah 30 siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Instrumen tes menggunakan soal pre-test dan post-test dalam bentuk uraian yang berjumlah 4 soal yang disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan sudah divalidasi. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberi perlakuan pada kelas problem based learning diperoleh nilai rata-rata 90,42 dan kelas konvensional mendapatkan nilai rata-rata 79,82. Dari hasil perhitungan uji-t satu pihak, diperoleh hasil uji hipotesis �ℎ����� >������ yaitu 4,5875 > 1,672, maka dapat diambil Kesimpulan �0 ditolak atau �� diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Dimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) pada kelas VIII MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:38 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59334 |