PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Rahmadani, Fannisa (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111029_Cover.pdf] Text
4172111029_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4172111029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4172111029_Abstrak.pdf] Text
4172111029_Abstrak.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4172111029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111029_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4172111029_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111029_Daftar_Isi.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4172111029_BAB_I.pdf] Text
4172111029_BAB_I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 4172111029_BAB_V.pdf] Text
4172111029_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4172111029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada siswa kelas VIII MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024, dengan melihat apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi peneltian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Medan yang berjumlah 14 kelas. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini ialah kelas VIII-2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model problem based learning dan kelas VIII-3 berjumlah 30 siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Instrumen tes menggunakan soal pre-test dan post-test dalam bentuk uraian yang berjumlah 4 soal yang disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan sudah divalidasi. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberi perlakuan pada kelas problem based learning diperoleh nilai rata-rata 90,42 dan kelas konvensional mendapatkan nilai rata-rata 79,82. Dari hasil perhitungan uji-t satu pihak, diperoleh hasil uji hipotesis �ℎ����� >������ yaitu 4,5875 > 1,672, maka dapat diambil Kesimpulan �0 ditolak atau �� diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Dimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) pada kelas VIII MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:38
Last Modified: 31 Jan 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59334

Actions (login required)

View Item
View Item